Ads 468x60px

Pages

Kamis, 03 Oktober 2013

Asal Usul Desa Sukarapih dan Cimara


Desa Sukarapih adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Desa tersebut berada di dekat perbatasan Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Jawa Tengah.
Penamaan desa Sukarapih itu sendiri tidak seperti penamaan desa-desa yang lainnya, yang menamakan desanya berdasarkan
kisah-kisah tertentu, melainkan desa Sukarapih merupakan pemekaran dari desa Cimara.
Penyebab pemekaran itu sendiri merupakan program dari pemerintah kabupaten sekitar tahun 1987, yang mengharuskan desa Cimara untuk melakukan pemekaran menjadi satu desa lagi. Penamaan desa sukarapih, diambil dari tiga nama dusun, yaitu dusun Padasuka, dusun Sukaraja, dan dusun Cisampih. Sukarapih, kata suka diambil dari nama dusun Padasuka, kata ra diambil dari dusun Sukaraja, dan kata pih diambil dari nama dusun Cisampih. Untuk kepala desa pertama di desa Sukarapih pada saat itu adalah Alm. Bpk Ano Sutarno dan kepala desa untuk saat ini adalah Bpk Wanda Jaya Atmaja.
Desa Cimara sendiri, memiliki kisah yang cukup menarik dan sayang kalau tidak di ceritakan, garis besar dari kisahnya yaitu, pada saat zaman kerajaan di Indonesia, ada tiga pemimpin pasukan dari kerajan Majapahit, yaitu Ki Bagus Tengah, Ki Buyut Tengah, dan Raden Gagak Wangi. Mereka dikejar oleh pihak kerajaan musuh, dalam pengejaran tersebut, ketiga pemimpin pasukan tadi sampai singgah di desa, yang pada saat itu belum dinamakan desa cimara. Mereka lolos dari kejaran pihak kerajaan musuh, pada saat mereka beristirahat di suatu tempat, mereka kehausan, kemudian mereka minum air dengan menggunakan daun pohon mara, dari situlah desa tersebut dinamakan desa Cimara yang berarti air mara, karena pasukan tadi minum menggunakan daun pohon mara. Ketiga pemimpin pasukan tadi menetap disana dan meninggal dunia di desa tersebut. Hingga saat ini ada beberapa tempat di desa Cimara, yang menggunakan nama dari ketiga pemimpin pasukan kerajaan Majapahit tadi.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

jajajaja....

Unknown mengatakan...

Data yang dimasukkan terdapat sedikit kekeliruan, tolong dikoreksi.
Pada kalimat "Sukarapih, kata 'Suka' diambil dari nama dusun Padasuka, kata 'Ra' diambil dari dusun Sukaraja" seharusnya kata 'Suka' diambil dari nama Sukaraja. Begitupun kata 'Ra' diambil dari nama Dusun Cimara Landeuh. Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Terusken atuh serahna

Unknown mengatakan...

Kumadeh

Posting Komentar